Author Photo
Author Fikri Wildan Nugraha
Komentar Comment
Published
Updated

Selamat malam warga bandung, indonesia dan sekitarnya, malam ini saya akan mencoba memberikan penjelasan lengkap mengenai apa perbedaan antara UMR UMK dan UMP.
Bagi kalian para Fresh Graduate yang baru lulus sekolah dan hendak memasuki dunia kerja pasti masih bingung mengenai apa perbedaan antara UMR UMK dan UMP ini, atau saat tes interview biasanya para HRD menanyakan mengenai gaji yang anda harapkan : Pertanyaan Yang biasanya muncul saat Tes Interview.

Well sebelum kita membahas mengenai perbedaan antara UMR UMK dan UMP alangkah baiknya kita memahami dulu pengertian dari ketiganya silahkan disimak.

DAFTAR ISI :



Perbedaan Antara UMR UMK dan UMP pengertian dan penjelasan lengkap upah minimum kota provinsi regional kabupaten dengan pertanyaan lulus tes interview info update gaji terbaru 2018 2019

Pengertian UMR UMK dan UMP

Dikutip dari Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2013 tentang upah minimum :

Upah Minimum yakni upah bulanan terendah yang terdiri atas upah pokok termasuk tunjangan tetap yang ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman.
UMP atau Upah Minimum Provinsi adalah upah minimum yang berlaku untuk seluruh wilayah kota/kabupaten di satu provinsi.
UMK atau Upah Minimum Kota/Kabupaten adalah upah minimum yang berlaku di sebuah wilayah kota/kabupaten.
UMR atau upah minimum regional sebenarnya istilah ini sudah tidak digunakan lagi di indonesia sejak adanya peraturan menteri yang baru,sehingga istilah yang ada sekarang ialah UMP (Upah Minimum  Propinsi) dan UMK (Upah Minimum Kab/Kota).



Lalu Apa Perbedaan Antara UMP dan UMK ?

UMP ditetapkan langsung oleh gubernur , sedangkan UMK ditetapkan oleh gubernur  atas rekomendasi Dewan Pengupahan Provinsi dan rekomendasi walikota/bupati.
Jika kalian baca postingan saya sebelumnya mengenai Daftar UMR UMP UMK 2017 Kalian bisa lihat bahwa jumlah UMP selalu lebih rendah dari UMK.

UMP berlaku bagi seluruh pengusaha di kota/kabupaten disuatu provinsi sebagai upah minimum pekerjanya, tetapi apabila suatu kota/kabupaten sudah  memiliki ketentuan mengenai UMK(yang jumlahnya harus lebih besar dari UMP) maka yang berlaku adalah UMK kota tersebut.



Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai perbedaan UMR UMK dan UMP , mudah mudahan bisa memberikan pencerahan bagi kalian para pekerja khusus fresh graduate yang baru lulus dan masih belum paham betul mengenai Upah minimum.

Untuk Update Info UMR UMP UMK 2018 Seluruh Indonesia kalian bisa membaca postingan saya yang ini
Daftar UMR UMP UMK 2018 Seluruh Indonesia

Update terbaru UMR UMP UMK 2019 daerah kota kabupaten dan provinsi diseluruh indonesia : Daftar UMK UMR UMP 2019 Seluruh Indonesia

Khusus bagi kalian yang bingung mencari info loker silahkan baca postingan saya dibawah ini mudah-mudahan bisa bermanfaat

Dimana mendapatkan Informasi Lowongan Kerja Terpercaya ?

Update terbaru daftar umr 2020 baca disini
Daftar UMR UMK UMP Tahun 2020 di Seluruh Indonesia



Wassalam

Comment :