Author Photo
Author Fikri Wildan Nugraha
Komentar Comment
Published
Updated

Selamat malam pembaca setia, baru pulang kerja nih saya sempet-sempetin aja buat nulis, karena niat berbuat baik itu tidak boleh setengah-setengah. Niat kuat saya cuman satu saya ingin membagikan seluruh ilmu yang saya punya selama hidup didunia ke blog saya ini, seperti pengalaman saya Membuat Berkas Lamaran Kerja waktu masih fresh graduate dulu, perjuangan saya waktu hendak Membuat SIM C Murni tanpa calo, Tips-Tips Karir yang saya dapatkan dari berbagai orang yang pernah saya temui didunia kerja, Tips-Tips Smart people supaya selalu bisa menjadi orang yang terdepan dari orang lain, atau topik baru yang saya buat akhir-akhir ini yakni Ilmu Internet seputar tutorial internet dan hal-hal yang berbau online yang memang sesuai dengan hobi saya dari dulu. Intermezzo dikit gak apa-apa ya ;) pokoknya gak akan pernah bosen-bosen nya saya menuliskan setiap pengalaman dan ilmu yang saya punya di blog perjalanan hidup saya ini.

Dipostingan sebelumnya saya membahas mengenai Tips Login Aman dan untuk artikel kali ini saya hanya akan membahas sebuah postingan ringan saja yakni kelebihan akun Google atau gmail dibandingkan akun email yang lain, juga akan saya jabarkan dengan lengkap mengenai product, fitur, dan layanan apa saja yang dimiliki akun google yang mungkin kalian sendiri saja baru mengetahuinya, jadi ayo silahkan disimak.

DAFTAR ISI :



Kelebihan Akun Gmail dari Email yang Lain - Google Product platform gratis aman spam kapasitas besar inbox bisnis daftar produk online fasilitas search contact penyimpanan iklan layanan fitur

Kelebihan Akun Gmail dibandingkan Account Email yang Lain

Ada banyak sekali platform penyedia email gratis diluar sana, hanya saja mungkin tidak ada yang se aman dan se flexible gmail atau google mail, sudah hampir sekitar 10 tahun lebih saya menggunakan platform email gratis milik google ini untuk berbagai keperluan, seperti untuk keperluan mengirim pesan pribadi, mengirimkan surat lamaran kerja, daftar jobstreet, ataupun untuk daftar akun-akun lainnya, lalu apa saja kelebihan akun gmail? berikut detailnya.

1. Filter Spam Terbaik

Sudah banyak yang membuktikan bahwa gmail merupakan filter spam terbaik, email-email spam seperti email yang kirimkan oleh bot tidak akan bisa masuk sembarangan ke inbox gmail.

2. Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Tahukan kalian ketika pertama kali kalian daftar gmail, kalian sudah diberikan kapasitas sebanyak 15 GigaByte secara gratis oleh google perkepala-perakun, kalian bisa menyimpan apa saja disana berikut film, lagu, file dokumen, ataupun lampiran email itu sendiri, dan semua file-file itu bisa kalian atur menggunakan Google Drive.

3. Smart Inbox - Kotak Masuk Cerdas

Smart Inbox atau kotak masuk yang lebih cerdas,dimana setiap pesan baru yang masuk ke inbox gmail akan dipindahkan secara automatis perkategori per-tab, sehingga inbox gmail akan terlihat lebih clean dan rapi.

4. Kemudahan Akses

kemudahan akses yang ditawarkan oleh gmail, pengguna bisa akses gmail dengan mudah diberbagai platform baik itu browser, laptop, komputer, aplikasi android, tablet ataupun smartphone lain nya.

5. Upgrade ke Gmail For Work

Gmail juga menyediakan fasilitas upgrade ke Gmail For Work untuk para pelaku bisnis atau kebutuhan profesional lain nya, dimana dengan fitur ini pengguna bisa mendapatkan akses dari fitur-fitur gmail bisnis termasuk mengganti alamat email dengan custom domain sendiri(misalnya: fikriwildannugraha(@)namaperusahaanmu.com), sehingga email akan terlihat lebih profesional.
Upgrade Ke Gmail For Work

6. Tema Custom yang Lebih Berwarna

Kebebasan pengguna untuk mengganti theme custom atau tema gmail, sehingga tampilan pun akan terlihat lebih berwarna dan tidak membosankan, pengguna juga dibebaskan untuk mengganti theme custom menggunakan gambar yang tersedia atau menggunakan gambar mereka sendiri.

7. Tersedianya Banyak Pilihan Add-on

Tersedianya banyak pilihan Add-on, atau plugin, atau aksesoris tambahan di gmail. Memungkinkan pengguna untuk dapat mempercanggih gmail nya dengan menambahkan add-on tambahan yang telah disediakan seperti MailTracking, Support Dropbox, SmartSheet dll.

8. Gmail Lebih Flexibel

Tahukah kalian, cukup dengan satu akun gmail kalian sudah bisa menikmati seluruh fasilitas dan product terkenal milik google seperti Youtube, Android, Googleplus dan product-product lainnya. Lalu product apa saja yang tersedia di google yang tidak kalian ketahui? akan kita bahas selanjutnya.

Berikut kelebihan-kelebihan akun gmail, Jika kalian berencana untuk membuat akun gmail, kalian bisa membaca postingan saya sebelumnya mengenai tutorial cara membuat akun email yang benar beserta tips memperkuat keamanan akun gmail kalian :
Tutorial Daftar Gmail dan Tips Memperkuat Keamanan Akun Google



Satu Akun Gmail Untuk Semua Product Google

Saat pertama kali kalian membuat akun gmail atau google account, secara automatis kalian sudah bisa menikmati seluruh fasilitas dan product yang disediakan oleh google, berikut daftar product yang dimiliki oleh google

Google Search

Google Search atau google penelusuran, merupakan produk google yang paling terkenal, hampir 70% market mesin pencarian dikuasai oleh mesin pencari google
Website : Google Search

Google Calendar

Tahukah kalian saat kalian menyimpan tanggal, event, ataupun pengingat lainnya seperti tanggal lahir di android kalian, data kalian akan automatis tersimpan secara cloud, sehingga apabila android kalian hilang ataupun berganti HP, cukup dengan memasukan email gmail kalian di HP Android yang baru, secara automatis data kalender dari handphone sebelumnya akan ter restore, dan semua itu menggunakan fasilitas Google Calendar.
Website : Google Calendar

Google Contact

Juga berlaku hal yang sama untuk kontak, setiap kali kalian menyimpan kontak di ponsel kalian, secara automatis semua data-data kontak yang kalian simpan diupload secara cloud di google server dengan username email kalian, dan saat kalian berganti ponsel cukup dengan memasukan email gmail kalian, maka kontak-kontak pun akan kembali ter restore

Google Chrome

Goggle Chrome merupakan produk google, browser yang sangat powerful, cepat, ringan, aman dan support dengan jutaan tampilan website diseluruh dunia, memiliki banyak fitur salah satunya ialah fitur penghemat data.
Website : Google Chrome

Google Drive

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, saat pertama kali membuat akun google kalian sudah diberikan kapasitas cloud oleh google gratis sebanyak 15 giga, kalian bisa menyimpan file format apapun disana, atau kalian juga bisa bagikan file kalian untuk diunduh oleh orang lain tanpa takut server lambat. semua fitur itu menggunakan fasilitas Google Drive, untuk manage dan atur file kalian disana kalian bisa menggunakan aplikasi Google Drive di android atau dari website Google Drive nya langsung. Apabila kalian merasa 15 giga kurang cukup, kalian juga bisa mengupgrade nya sampai 100 giga.
Website : Google Drive

Google Mail - Gmail

Gmail merupakan produk google dalam penyedia platform email gratis yang sangat cepat, aman dan flexibel. Akun pertama yang harus kalian buat sebelum bisa menikmati seluruh fasilitas google.
Website : Google Mail

Google Font

Semua font-font menarik untuk diaplikasikan didalam web, kebutuhan development, design photoshop tersedia disini. Google font juga produk milik google
Website : Google Font

Youtube

Membuat Channel, Upload video di youtube dan kesempatan video kalian di tonton banyak orang sekaligus mendapat penghasilan uang.Youtube merupakan platform video paling populer. Youtube juga product google.
Website : Youtube

Google Plus

Terhubung dimedia sosial terkenal Google+, dengan menggunakan fitur Explore kalian bisa menemukan banyak sekali komunitas-komunitas, kumpulan koleksi-koleksi konten dan artikel-artikel menarik di google plus, berbeda dari media sosial yang lain.
Website : Google Plus

Google Map

Nikmati google map kalau kalian sedang tersesat, misalnya kalian lagi berdua sama pacar ditengah alun-alun kota Bandung, eh bingung mau nyari tempat baso yang deket-deket sekitar situ, kalian tinggal search saja pake google map langsung deh ketemu ;).
Google Map juga merupakan produk google yang paling banyak membantu kehidupan sehari-hari.
Website : Google Map

Google Translate

Sering ngobrol sama bule kamu bisa pake google translate milik google, Produk layanan google paling powerful mendukung banyak bahasa,lengkap dengan voice dan speak.
Website : Google Translate

Blogger

Kalian punya ilmu yang ingin dibagikan supaya lebih bermanfaat untuk banyak orang, ada banyak sekali orang yang search di google pencarian yang haus akan pendidikan (misalnya : tutorial menikah, tips menang balap karung, atau apapun itu) kalian bisa buat blog di blogger.com, artikel bermanfaat kalian akan selalu ditemukan oleh mereka yang membutuhkan, disamping itu kalian juga bisa mendapatkan penghasilan uang dari menulis lho. Blogger juga salah satu produk milik google
Website : Blogger

Android

Dan yang lagi hangat awal dekade ini, yang sangat kontras dan bisa menjadi pembeda antara 2006 dan 2016, yang menjadi fenomenal dan hampir merubah pandangan orang-orang dari berbagai kalangan dari sempit menjadi luas, dari tertutup menjadi open mind, dari terputus menjadi saling terhubung yakni android.

"Dari sebuah gengsi ingin memiliki touchscreen, kini mereka kompak malah mendapatkan menfaat sebenarnya dari internet yakni terhubung"

Selain itu tidak lupa juga bapak pelopor facebook yang ikut meramaikan internet secara global untuk berbagai kalangan bahkan kalangan bawah sekalipun.

"dari sebuah rasa penasaran mudahnya berkenalan melalui facebook , dan nyata nya dunia maya"

Kini keingin tahuan manusia sudah berkembang semakin jauh sepeti mempelajari apa itu download, upload, mudahnya mencari jawaban yang ingin mereka tanyakan, dekat nya artis yang mereka sukai, saling berbagi yang mereka alami, dan mudahnya sebuah informasi yang mereka cari di google.

Karena yakin setiap orang sudah terhubung dan paham mengenai internet. pada saat yang tepat munculah ide-ide baru dari para developer seperti : percaya nya jual beli online dunia maya, munculnya medsos untuk orang orang yang menginginkan privasi seperti twitter (tentu idenya mucul dari keluhan facebook yang terlalu terbuka), ojeg online, jodoh online, melamar kerja online, instant nya bbm dan Whatsapp chatting dll. (intermezzo aja dikit, melihat kemajuan dunia dari sudut pandang fikri wildan nugraha)

nah balik lagi ke awal kalian wajib punya akun gmail untuk dapat menikmati fasilitas android seperti download aplikasi diplaystore, pencarian HP hilang, sync auto , dll.
Website : Android

Google Adsense

Kalian seorang Content Creator, Content Writer atau seorang Developer Aplikasi dan Game, kabar gembira untuk kalian, karena google memiliki platform untuk kalian bisa monetize content kalian, artinya google akan memasangkan iklan di aplikasi, game, website, artikel atau video kalian sehingga pada akhirnya kalian akan mendapatkan penghasilan uang tentunya. Google Adsense juga merupakan produk milik google yang sangat membantu para content creator untuk tetap semangat terus berkarya ;).
Website : Google Adsense

Google Ads - Google Adwords

Kalian memiliki produk dan bingung harus beriklan kemana, kalian bisa menggunakan jasa Google Ads milik google, iklan produk kalian akan langsung tersebar keseluruh fasilitas google dan para jajaran publisher adsense. dengan biaya yang terjangkau produk kalian bisa langsung cepat terkenal tentunya
Website : Google Ads - Google Adwords

Google My Business

Punya usaha atau toko yang ingin muncul di google map sehingga memiliki banyak pengunjung, kalian juga bisa mendaftarkan usaha atau toko kalian di Google My Bussiness gratis.
Website : Google My Business



Untuk lebih lengkapnya mengenai product dan layanan google lainnya, kalian bisa lihat disini : Google Product

Oke itu saja tulisan saya mengenai kelebihan akun gmail dibandingkan email yang lain beserta daftar layanan google product bermanfaat, berhubung jari saya mulai terasa lelah (cyaelah) postingan nya kita akhiri sampai disini dulu nanti saya lengkapi lagi.

Terima kasih sudah berkunjung pembaca setia, komentar dan feedback nya akan sangat saya hargai, baca juga artikel saya yang lainnya di Daftar Isi. Selamat malam selamat beristirahat

Artikel Selanjutnya :
Tutorial Daftar Email Outlook = Tips Memperkuat Keamanan Akun Microsoft


Wasalam

Comment :