Author Photo
Author Fikri Wildan Nugraha
Komentar Comment
Published
Updated

Selamat Malam warga Bandung, melanjutkan dari postingan sebelumnya Cara mudah Lolos Tes Interview Lengkap ( Tips Ampuh Wawancara Kerja ), dipostingan kemarin-kemarin kebanyakan yang saya bahas ialah mengenai postingan serius semua seperti seputaran Pengalaman Membuat SIM C Murni , Membuat Berkas Surat Lamaran kerja Lengkap dan Tips Karir.

Dalam postingan kali ini saya akan mencoba mengolah sebuah postingan dibawah naungan label Tips Smart People, judul postingannya yakni Tips mencari kamar kost kosan untuk karyawan kerja dan mahasiswa, sumber seperti biasa dari pengalaman asem manis saya hidup dikota orang ;),gonta-ganti kamar kos-kosan,gimana rasanya ngekos satu atap sama ibu kos, bahkan sampai pernah ngekos ditempat yang lingkungannya kotor dan preman semua (kumuh -red). Saya juga akan memberikan beberapa tips memilih fasilitas yang layak dan wajib ada untuk sebuah kamar kosan,dalam format to do list jadi kalian bisa ceklis judulnya, mudah-mudahan tulisan saya ini bisa menjadi panduan untuk kalian para mahasiswa atau karyawan yang sedang kebingungan mencari kamar kost dikota besar, Jadi Silahkan lanjut dibaca.

DAFTAR ISI :



Tips Mencari Kost Kosan Mahasiswa Karyawan Kerja - To Do List pengalaman perantauan memilih fasilitas kamar kos pilih Kostan kosong aman harga biaya murah lokasi strategis kota besar

Kalian seorang perantauan (misalnya dari garut),mahasiswa yang baru diterima disebuah universitas atau karyawan yang baru di terima kerja disebuah perusahaan, pasti akan memerlukan tempat untuk berteduh dan berlindung dari hujan dan badai (masa sih). Tempat berlindung berbayar tersebut namanya kos-kosan.

Untuk mencari kamar kos ini sebenarnya gampang-gampang-susah, apalagi di ruang lingkup baru yang masih asing bagi kalian seorang perantauan, pasti akan sedikit mengalami kesulitan saat mencari kamar kos-kosan dikota besar. Maka dari itu saya akan mencoba membagikan pengalaman saya berupa tips dalam memilih kamar kos. berikut tips nya : (To Do List: Kalian Bisa Checklist Judulnya)



1. Lokasi Tempat Kos-Kosan

Dari radius tempat kalian bekerja atau tempat kalian kuliah, carilah tempat yang paling dekat untuk dijadikan spot pencarian, jangan pernah malu untuk bertanya, coba tanya ke warung sekitaran, ibu-ibu yang lagi ngegosip, atau para mahasiawi cantik yang baru pulang ngampus.
Selalu buka mata. Biasanya suka dipasang selembaran di depan rumah tersebut apabila memang sedang ada kamar kosong.

Jika kalian seorang karyawan atau mahasiswa, saya sarankan carilah lokasi kos-kosan yang paling deket dengan tempat kerja atau universitas kalian. Kehidupan kota yang serba cepat dan padat ini terkadang jarak dan waktu selalu menjadi permasalahan. Disamping itu kalian juga bisa lebih menghemat biaya dan waktu, tidak usah naik angkot, nunggu macet lama-lama, ataupun kalian yang sudah punya kendaraan pribadipun tidak usah mengeluarkan biaya lagi untuk bensin ataupun parkir.

Disamping dekat, tentu harus strategis juga dong, cari mana yang paling deket dengan warung, masjid, tempat jual nasi, dan laundry, kecuali kalian ingin tinggal di tempat yang jauh dari peradaban.



2. Fasilitas Primer Kamar Kost

Fasilitas primer Artinya fasilitas wajar yang secara manusiawi harus wajib ada untuk sebuah kamar kost.

Periksa apa airnya kotor berwarna hitam,kuning,atau kelabu. mendapatkan air bersih di kota besar memang agak sedikit sulit, dari 5 kali lebih saya ganti kosan hanya mengalami 1 kali mendapatkan kamar kost dengan air bersih dan layak :(. Disamping itu coba tanyakan apa susah air di kos-kosan tersebut, jika kos-kosan kalian berlaku system pembagian air dengan tempat kost lain tentu akan membuat kalian kesulitan air sehingga pada akhirnya kalian tidak betah tinggal disana (Pengalaman saya dulu)

Tempat jemuran ini menjadi fasilitas wajib bagi seorang anak kos,periksa apakah ada tempat jemuran ditempat kos-kostan yang hendak kalian pilih,kan tidak lucu kalau harus menjemur pakaian didalam kamar.

Saat kalian sedang mencari kos-kosan,selalu tanyakan berapa jumlah kamar mandinya, kalau kamar mandi 2 tapi penghuni kos ada 20 juga kan tidak lucu, kalau kebelet pipis mau dimana ? Di botol!

Listrik menjadi masalah utama bagi para mahasiswa yang sering bawa seabreg barang elektronik dari kampung halamannya. Jadi coba tanyakan berapa besar watt arus listriknya. Oh ya tips Jangan sampai kena tipu biasanya ibu kos sering meminta biaya harga tambahan apabila kita memiliki banyak barang elektronik. Jadi pastikan ditanya dulu saat proses kesepakatan sebelumnya.

Pastikan kosan kalian memiliki pintu!. Atau setidaknya jendela yang wajar untuk ventilasi udara dan pencahayaan. Karena kamar dengan ukuran kecil tentu suhu kamar juga panas.apalagi apabila sudah banyak barang eletronik di kamar kost kalian. disamping itu kamar kosan yang minim ventilasi udara akan sangat buruk untuk kesehatan pernapasan kalian.



3. Fasilitas Sekunder Kost Kosan

Fasilitas sekunder ini sebenarnya fasilitas tambahan saja, ya kalau misalnya ada syukur, kalau tidak ada juga tidak jadi masalah

Cek kelengkapan apakah sudah ada kasur, lemari, dan karpet bawaan nya, Atau cuman kamar kosong saja, kalau kalian mendapat kamar kosong berarti terpaksa kalian harus beli semuanya berikut kasur dan lemari.

Periksa apakah ada lahan untuk nyimpen kendaraan. Kalau kalian punya kendaraan tentu ini bisa menjadi masalah.

Apakah ada dapur umum, kalian bisa menghemat pengluaran apabila sebuah kosan memiliki dapur umum.kalau sedang tidak punya uang kan bisa bikin nasi goreng atau mie instan.kecuali maksain masak di dalam kamar.



4. Keamanan Kos-Kosan

Untuk keamanan ini kita tidak bisa menyimpulkan begitu aja sebuah tempat aman atau tidak. Karena semuanya balik lagi ke kita. Kalau kitanya jorok pintu dan jendela jarang dikunci ya sudah pasti kemalingan. Maling juga tidak akan maling kalau tidak ada kesempatan dan Dana Umum.

Pastikan Kosan memiliki pagar utama yang sering di tutup, dan hanya penghuni kosan yang memiliki kuncinya.

Pasanglah gembok tambahan untuk pintu kamar kost kalian, jadi cuman kalian saja yang punya kuncinya pembaca setia. Bahkan ibu kos yang punya kunci duplikat pun tidak akan bisa buka.

Pilih lah kosan disekitaran ruang lingkup yang selalu aktif melaksanakan ronda



5. Harga kamar Kost

Untuk harga kamar kost, tips nya cobalah kalian nyari dulu kos-kosan yang bulanan, apabila satu bulan kalian mulai merasakan betah dan nyaman kalian tinggal ganti tarif ke tahunan. Tetapi apabila dibulan pertama kalian merasakan tidak nyaman kalian bisa pindah lagi mencari tempat kost kosan lain.

Selain fasilitas, Mahal-murahnya sebuah kosan juga tergantung lokasi, kalau lokasinya ruang lingkup perkotaan yang padat penduduk. Harga standar juga pasti mahal. Kalau lokasi nya di pinggiran kota otomatis harga standar juga murah.

Selama histori pengalaman saya gonta-ganti tempat kost dikota bandung, hanya sebagai gambaran saja berikut harga kamar kost yang pernah saya tempati :
400 ribu : Tengah Kota,tempat bersih dan layak,tetangga orang sibuk semua,kamar mandi lumayan tapi diluar,Sempet Kemalingan Laptop.
250 ribu : Tengah Kota,tempat kurang layak (dinding dari papan triplex),Tinggal seatap dengan ibu kos,Lingkungan Aktif melaksanakan ronda,Ribet kalau ada temen atau tamu.
350 ribu : Tengah Kota,tempat bersih dan layak tapi gelap dan kurang ventilasi udara,tetangga sosial,ada pagar utama,tidak ada tempat parkir motor.
300 ribu : Tengah kota,Tempat layak,Air Kotor,Lokasi strategis dekat dengan fasilitas umum dan penjual makanan,ada tempat parkir.
400 ribu : Pinggir kota,Kamar Mandi didalam,tempat layak,lokasi strategis,ruang-lingkup aktif melaksanakan ronda.ventilasi dan pencahayaan layak.

~~~~~~~~~~selesai~~~~~~~~~~~~~~

Saran Tambahan Dari Saya :
- Carilah kamar yang paling dekat dengan kamar mandi,biar kalau misalnya kita nanti kebelet, kita sudah pasti akan jadi yang pertama tidak usah ngantri
- Pilihlah rumah kos yang ibu kos nya jauuuuh sekali..alias tidak tinggal seatap. Biar kalau kita bawa keluarga ataupun teman, gak risih



Demikianlah postingan saya kali ini mengenai tips mencari kost kosan untuk mahasiswa dan karyawan,disajikan spesial dalam format to do list.mudah-mudahan segera dapet kosan nya ya. Terus kunjungi kami untuk artikel menarik lainnya pembaca setia baca Daftar Isi di tab atas blog ini.

Postingan Selanjutnya Motivasi Pencari Kerja : Menambah Skill Karir Meningkatkan Kualitas Diri dan Stay Up-To-Date




Wassalam

Comment :