Proses Cara Membuat Dan Mengurus KTP




Sekali lagi saya akan membahas postingan ringan yang agak penting.melanjutkan dari postingan sebelumnya Cara Memperpanjang SKCK, postingan kali ini yakni cara membuat KTP. Meskipun ringan tapi jangan diremehin. bagi orang orang yang baru menyentuh kehidupan kedewasaan tentu akan sangat kebingungan saat membuat KTP ini. Maka disinilah saya mensharing pengalaman saya buat kalian para anak muda yang baru menyentuh kehidupan dewasa wajib membuat KTP pertama kalian. silahkan di simak postingan ini.

INDEX :
1. Persyaratan Membuat Dan Mengurus KTP
2. Proses Tahapan Membuat Dan Mengurus KTP



Proses Cara Membuat Dan Mengurus KTP pembuatan pengertian kartu tanda penduduk ektp e-ktp persyaratan umur usia elektronik surat keterangan rujukan desa kecamatan baru digital sementara contoh

Lalu apa itu KTP?
Waduh saya juga kurang tahu yah tanya aja pada artis yang bergoyang (hehe maaf ada yang ngajakin bercanda) KTP ialah kepanjangan dari kartu tanda penduduk .seseorang yang sudah berumur 17 tahun wajib membuat KTP ini ke kantor Kecamatan (setempat sesuai kartu keluarga)

KTP juga merupakan komponen paling penting yang bakal selalu ada dalam setiap persyaratan. Baik itu persyaratan Membuat dan Mengurus Kartu SIM,Mengurus Surat SKCK,ataupun Proses Melamar Pekerjaan. Dan salahnya seharusnya saya bahas membuat KTP ini di postingan Paling pertama sebelum postingan yang lebih rumit lainnya (mohon maaf saya yang salah.semua kesalahan ada di saya sekali lagi mohon maaf)

Baiklah para pembaca setia kita kembali ke gadget. Saya sendiri pertama kali buat KTP waktu umur 17 lebih 3 bulan. Saat itu saya masih duduk di kelas 2 SMA. Bingungnya minta ampun lah. Seharian saya pakai buat bikin KTP. Tapi alhamdulilah setelah melalui beberapa proses yang ribet saya pun bisa membuat EKTP, senengnya minta ampun waktu itu . akhirnya saya udah dianggap penduduk indonesia resmi.



Persyaratan Membuat Dan Mengurus KTP

Langsung aja ke persyaratannya:
1. Fotokopi KK (atau kartu keluarga. Silahkan tanyain ke orang tua kalian)
2. Surat keterangan atau surat rujukan dari Kantor Desa
3. Pasfoto berwarna 2x3.

Optional:
4. Akte (kalau gk salah, bawa aja buat jaga-jaga)



Proses Tahapan Membuat Dan Mengurus KTP

Proses Tahapan nya silahkan disimak :
1. Lengkapi dulu perayaratanya foto kopi KK,dan print foto 2x3 berwarna
2. Pergi ke kantor desa untuk meminta surat keterangan atau surat rujukan pembuatan KTP baru.
3. Jika semua persyaratan sudah lengkap langsung ke kantor kecamatan lalu isi formulir dengan sebenar-benarnya.
4. Lakukan rekam data seperti Foto digital,sidik jari digital,sensor mata digital dan tanda tangan digital. Ingat di umur 17 tahun ini tanda tangan kamu harus udah netep alias gak boleh robah-robah tanda tangan lagi. Karena di suatu hari nanti  ada beberapa intansi yang tanda tangan nya harus persis banget sama yang ada di KTP gak boleh beda. Contohnya dalam proses pembuatan rekening. Nanti saya bahas di level level selanjutnya
5.Tunggu sampai KTP kalian jadi, bisa 1 bahkan sampai 3 bulan,
6. Sampai menungu KTP asli kalian jadi, kalian bisa meminta untuk dibuatkan KTP sementara. selembar kertas A4 yang memuat data kalian memiliki masa berlaku 6 bulan

Untuk eKTP terbaru atau KTP elektronik memiliki masa berlaku seumur hidup dan data kalian akan langsung masuk kedalam database disdukcapil online



Akhirnya selesai juga judul terakhir dari topik Membuat Berkas Surat Lamaran Lengkap

Postingan Selanjutnya Di Topik Baru,Judul pertama yang Pasti masih Fresh

Tips Mencari Informasi Lowongan Kerja Terpercaya

untuk kalian yang sedang kesulitan mengenai cara mencairkan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa membaca postingan saya yang ini

Cara Mencairkan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Online

silahkan dibaca



Wassalam




Another Post :


    Comment :

    Buka Komentar

    Subscribe : Feeds
    Sitemap : Daftar Isi