Author Photo
Author Fikri Wildan Nugraha
Komentar Comment
Published
Updated

Halo Smart People, mudik atau pulang kampung sepertinya sudah menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat muslim di indonesia ketika menjelang hari raya idul fitri atau lebaran. Khusus bagi para perantauan,para mahasiswa, ataupun para pekerja karyawan disebuah perusahaan yang setiap minggu dan bulan nya sibuk menghabiskan waktu di kampung orang, hari raya lebaran ini merupakan moment yang tepat bagi kalian untuk sejenak meninggalkan rutinitas kesibukan kota, bertemu dengan orang tua, sanak saudara,dan kawan-kawan di kampung halaman.

Kalian yang berencana pulang kampung alangkah baiknya diperhatikan to do list sebelum mudik dipostingan saya kali ini smart people, Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum mudik di hari lebaran?, Barang apa saja yang harus dibawa saat mudik lebaran?, Tips mudik lebaran aman dan nyaman supaya tidak ada hal penting yang kalian lupakan ataupun ketinggalan. berikut judul kecil dipostingan yang akan kita bahas kali ini :

DAFTAR ISI :



Tips Persiapan Sebelum Mudik Pulang Kampung - To Do List perantauan keamanan meninggalkan rumah kosan terkunci daftar barang bawaan pakaian peralatan harus dibawa kendaraan aman nyaman tiket perjalanan cek mobil motor

Smart People bisa bookmark deh postingan ini sebagai panduan pulang kampung kalian, karena dipostingan kali ini akan coba saya jabarkan dengan lengkap,berikut to do list nya silahkan disimak smart people (Kalian juga bisa tap judulnya untuk mencontreng lho):



Pastikan Keamanan Rumah, Kossan,ataupun Kontrakan Sebelum Ditinggalkan

Tips Persiapan Sebelum Mudik Pulang Kampung - To Do List perantauan keamanan meninggalkan rumah kosan terkunci daftar barang bawaan pakaian peralatan harus dibawa kendaraan aman nyaman tiket perjalanan cek mobil motor

Pastikan kalian tidak melupakan keamanan tempat tinggal kalian sebelum ditinggal mudik lebaran, di ruang lingkup perkotaan biasanya momen ketika para pemilik rumah meninggalkan tempat tinggalnya, sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencari kesempatan , ataupun tak jarang juga kasus rumah yang mengalami kebakaran gara-gara keteledoran sang pemilik rumah,tentu kalian tidak ingin mengalami hal serupa kan smart people, maka dari itu berikut tips dan to do list untuk kelompok judul "ketertiban rumah",

Kalian bisa checklist judulnya apabila kalian sudah melakukan hal-hal dibawah ini (dengan cara klik judulnya), Ok Smart People berikut daftar tips mudik nya :

Pastikan kalian sudah mencabut semua hal-hal yang berbau api,karena bisa berakibat fatal apabila kalian melupakan hal ini smart people, jangan lupa untuk mencabut regulator gas sebelum kalian mudik pulang kampung lebaran.

Listrik juga bisa menjadi pemicu kebakaran,tidak jarang kasus-kasus kebakaran yang diakibatkan karena konsleting listrik, cabut semua colokan listrik baik itu kulkas, ricecooker,booster antena,AC, dll.

Nyalakan lampu yang diperlukan,biasanya lampu luar dan lampu ruang utama,meninggalkan rumah dalam keadaan galap akan memancing orang jahat untuk mengambil kesempatan dalam gelap.

Tutup semua keran air sebelum kalian mudik lebaran,jangan sampai kalian lupa smart people

Jangan pernah kalian tinggalkan rumah dalam keadaaan berantakan, disamping tidak baik secara estetika,tentu kalian tidak mau kan apabila sehabis pulang dari mudik lebaran dan kembali ke kota,mendapati rumah kalian dalam keadaan kotor dan berantakan, kalian harus beres-beres terlebih dahulu dibandingkan langsung istirahat sehabis lelah perjalanan mudik.Meninggalkan tempat tinggal kalian dalam keadaan berantakan biasanya malah akan membuat kalian untuk malas pulang kembali ke kota.

Jangan biarkan ada satu celahpun yang kalian lupakan smart people,pastikan kalian mengunci rapat semua jendela,pintu belakang,pintu depan dan pagar.

Jika memiliki tetangga dekat yang tidak mudik, jangan lupa untuk menitip pesan kepada tetangga dekat kalian untuk menjaga tempat tinggal kalian selama pergi mudik lebaran.

Itulah beberapa to do list yang harus diperhatikan dalam kelompok "Ketertiban Rumah",selanjutnya kita akan membahas "Barang Bawaan" apa saja yang harus dibawa saat kalian mudik di hari raya lebaran.



Perhatikan Barang Apa Saja Yang Harus Dibawa Untuk Mudik Pulang Kampung Lebaran

Tips Persiapan Sebelum Mudik Pulang Kampung - To Do List perantauan keamanan meninggalkan rumah kosan terkunci daftar barang bawaan pakaian peralatan harus dibawa kendaraan aman nyaman tiket perjalanan cek mobil motor

Ok,smart People,sekarang kita masuk kedalam kategori barang-barang apa saja yang harus dibawa pada saat mudik lebaran.Tips nya bawa barang yang diperlukan saja supaya barang bawaan kalian tidak terlalu berat, atau bisa disesuaikan dengan durasi lama tidak nya kalian di kampung halaman saat mudik lebaran.

Supaya tidak lupa dan tidak ada yang tertinggal, berikut saya berikan daftar list didalam kelompok "Barang Bawaan".  Seperti biasa kalian bisa tap judul besar nya untuk menceklis apabila sudah kalian lakukan, karena ini todo list (ini website pertama didunia yang berhasil menerapkan konsep ide todo list kedalam common postingan artikel,hidup website fikriwildannugraha.com ;) )

Jangan sampai lupakan semua peralatan mandi,bawa yang intinya saja supaya barang bawaan kalian tidak berat, berikut list item nya : Sabun Mandi, Sikat Gigi,Shampoo, Pasta Gigi,Sabun Muka,Handuk kecil dll.

Bawa pakaian yang diperlukan saja,banyak-tidaknya pakaian yang harus kalian bawa, bisa disesuaikan denga lama-tidaknya kalian menginap di kampung halaman, berikut kelompok pakaian yang harus kalian bawa :  Pakaian Tidur, Pakaian Santai,Pakaian Dalam,Baju Muslim (tentu Saja karena postingan ini fokus di mudik lebaran),Jacket, Pakaian Lebaran ( :) ) dll.

Jangan lupa bawa peralatan sholat,Mukena untuk Wanita,Sarung dan Peci untuk pria, jika menurut kalian bawa sajadah perlu bisa sekalian dibawa,tetapi apabila menurut kalian akan membuat tas bawaan kalian semakin berat.sajadah bisa ditinggal saja.

Sebenarnya ini jarang dibahas,karena otomatis akan membuat repot barang bawaan kalian,tips nya, bawa kotak obat kecil yang terdiri dari obat-obatan pentingnya saja : Plester,Obat Merah,paracetamol.dll

Dizaman Teknologi dan internet ini pasti tidak lucu jika kalian sampai melupakan barang barang dibawah ini,bahkan barang berat pun bela-belain dibawa(Itu Saya),Ok Smart People berikut list nya : Headset, Charger, Laptop, Power Bank, Charger Laptop,Kamera,

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Ampuh

Berikut list barang yang tidak sempat saya tulis : Sandal , Peralatan kecantikan(Wanita), Sisir, Parfum, Deodoran, Peralatan Bayi (khusus yang punya baby),Kalian Bisa menambahkan Sisanya Di Kolom Komentar

Itu dia tips dan Pembahasan mengenai "Barang-Barang yang harus dibawa" ,kalian bisa checklist judulnya apabila sudah dilakukan.selanjutnya kita akan membahas kendaraan.



Cek Kendaraan Yang Akan Digunakan Untuk Mudik Lebaran

Tips Persiapan Sebelum Mudik Pulang Kampung - To Do List perantauan keamanan meninggalkan rumah kosan terkunci daftar barang bawaan pakaian peralatan harus dibawa kendaraan aman nyaman tiket perjalanan cek mobil motor

Didalam judul ini sebenarnya ada 2 kategori,pulang kampung lebaran menggunakan kendaraan Pribadi,dan mudik lebaran menggunakan kendaraan umum,

Untuk yang menggunakan kendaraan umum berikut tips nya :
- Pesan lah Tiket pesawat ataupun tiket kereta api Jauh-jauh hari sebelum hari raya lebaran
- Jangan memakai terlalu banyak barang berharga saat ditempat umum dan didalam kendaraan umum
- Simpan Barang bawaan anda ditempat yang tidak jauh dari anda (pengalaman teman saya, tas barang bawaanya disimpan dibagasi pas mau turun tasnya udah dituker sama tas yang isinya daun  semua)

Untuk yang menggunakan Kendaraan pribadi,baik itu Motor ataupun mobil berikut To Do List nya :

Cek system kelampuan kendaraan anda,supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan,semua lampu berfungsi normal : Lampu Sein Kiri dan Kanan bagian depan, HeadLamp, Lampu Belakang, Lampu Sein Kiri kanan Bagian belakang

Ini satu-satunya benda yang bisa menyelamatkan kalian dijalan raya,jadi pastikan system pengereman sudah di cek ulang. Ok Smart People

Ingat jangan sampai ada satu suratpun yang tertinggal,dari mulai STNK,KTP,BPKB,SIM. bisa saja ada pemeriksaan petugas,persiapan aja lah smart people. sorry ralat bpkb tidak perlu dibawa-bawa.

Cara Mengurus SIM

Ada baiknya sebelum melakukan mudik lebaran,kendaraan kalian khususnya mesin di Check-Up terlebih dahulu,Dari mulai oli,system pengapian,injeksi,transmisi dll,pastinya kalian tidak mau kan mogok ditengah jalan,menghalangi pengendara yang lain. membuat system jalur mudik menjadi kacau berantakan. bukan nya pulang kampung bertemu sanak saudara yang ada kalian lebaran dijalan raya

Tips Lainnya seputar kendaraan apabila ada yang kurang kalian bisa ikut menambahkan dikolom komentar



Itu Saja dari saya Smart People,penulis mengucapkan Selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin,penulis mohon maaf apabila penulis memiliki kesalahan dalam menulis ataupun menyinggung perasaan smart people semua.
Ok,jangan lupa bagikan dimedia social di atas, mudah-mudahan postingan ini bermanfaat untuk mereka yang belum sempat membaca,dan mengingatkan mereka siapa tahu ada barang yang ketinggalan tidak terbawa saat mudik lebaran.

Untuk kalian yang sedang kebingungan mencari kosan dan tidak tahu fasilitas apa saja yang harus ada disebuah kos-kosan bisa deh baca postingan saya yang ini :
Tips Mencari Kos-kosan Aman dan Nyaman



Akhir Kata,Keep Reading,be Smart People

Comment :