Author Photo
Author Fikri Wildan Nugraha
Komentar Comment
Published
Updated

Selamat Malam Pembaca setia, setelah sibuk dari rutinitas kerja akhirnya saya memiliki kesempatan untuk membagikan ilmu lagi yang mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian khususnya para pencari kerja, karena dipostingan kali ini saya akan membahas tuntas mengenai cara dan tips mengirim CV surat lamaran pekerjaan lewat email supaya mudah diterima kerja.
Well, dipostingan sebelumnya saya sudah membahas mengenai beberapa metode untuk mendapatkan informasi lowongan kerja.

Baca disini : Tips Mendapatkan Sumber Informasi Lowongan Kerja Terpercaya

Dimana disetiap info loker yang kalian dapatkan, baik itu dimedia cetak ataupun online, biasanya ada beberapa perusahaan yang mengharuskan kalian untuk mengirim berkas surat lamaran pdf kalian via email, mungkin ada sebagian orang yang tidak tahu bagaimana cara mengirim kan CV pdf via email yang baik dan benar, tidak tahu cara mengisi kalimat body melamar pekerjaan melalui e-mail, ataupun ada beberapa orang yang masih saja ditolak saat mengirimkan surat lamaran kerja lewat gmail karena ukuran file lampiran terlalu besar, maka dari itu saya akan jelaskan dengan lengkap dimulai dari contoh surat lamaran kerja lewat email, subject judul email, isian body e-mail, ukuran lampiran attachment, sampai tutorial membuat pdf ukuran kecil, supaya email lamaran kalian tidak ditolak. mudah-mudahan setelah membaca artikel ini bisa memperbesar peluang kalian untuk diterima kerja oleh perusahaan.

DAFTAR ISI :



Cara Mengirim Lamaran CV Lewat Email Mudah Diterima Kerja contoh kata-kata menulis surat melamar pekerjaan online melalui hp android Komputer laptop via gmail yang baik dan benar perusahaan subject judul mengisi body ukuran kecil besar format file pdf doc lampiran gagal ditolak HRD

Dizaman sekarang yang serba online ini, segalanya sudah lebih instant dan praktis termasuk dalam dunia melamar pekerjaan, baik itu para pelamar kerja ataupun perusahaan mulai beralih menggunakan metode online, karena disamping lebih praktis tentu dengan menggunakan metode ini biaya yang dikeluarkan khusus nya para pelamar kerja saat mengirim lamaran pun akan jauh lebih hemat, kalian tidak perlu nulis copy print berkali-kali, ataupun beli surat riwayat hidup dan map yang memang menggunakan biaya yang tidak sedikit, disamping itu HRD akan lebih mudah untuk menyortir setiap ribuan surat lamaran yang dikirim ke perusahaan, lamaran CV para pelamar kerja bisa diakses oleh HRD dimanapun kapanpun, tanpa perlu membuat penuh seisi ruangan HRD dengan surat lamaran kerja para pelamar.

Disamping itu sekarang orang-orang lebih dominan menggunakan HP Smartphone dari pada komputer ataupun laptop, maka dari itu ditutorial ini akan saya jelaskan juga cara Mengirim cv via email khusus untuk pengguna HP smartphone android, sebenarnya mengirim lamaran lewat email dengan laptop atau komputer pun sama saja hanya tampilannya saja yang berbeda. Jadi silahkan disimak baik-baik tips cara mengirim lamaran cv lewat email dibawah ini.

Contoh Mengirim Lamaran Lewat Email Melalui Komputer Laptop dan HP Smartphone Android

Cara Mengirim Lamaran CV Lewat Email Mudah Diterima Kerja contoh kata-kata menulis surat melamar pekerjaan online melalui hp android Komputer laptop via gmail yang baik dan benar perusahaan subject judul mengisi body ukuran kecil besar format file pdf doc lampiran gagal ditolak HRD
Contoh Mengirim Lamaran Lewat HP Smartphone Andoid

Cara Mengirim Lamaran CV Lewat Email Mudah Diterima Kerja contoh kata-kata menulis surat melamar pekerjaan online melalui hp android Komputer laptop via gmail yang baik dan benar perusahaan subject judul mengisi body ukuran kecil besar format file pdf doc lampiran gagal ditolak HRD
Contoh Mengirim Lamaran lewat Komputer

Berikut adalah contoh lamaran CV yang dikirim menggunakan email gmail beserta file lampiran DOC, silahkan disimak penjelasannya satu-satu, saya jelaskan dibawah dari nomer pertama alamat email sampai nomer terakhir lampiran. kalian juga bisa tap gambar untuk memperbesar.



1. Gunakan Email Profesional

Email profesional merupakan email pribadi atau email utama yang sering kalian pakai baik itu untuk mendaftar akun sosial, keperluan bisnis ataupun lainnya, email ini juga merupakan email yang selalu kalian akses update-an inbox nya setiap waktu baik itu di laptop, komputer ataupun di HP android kalian.

Saya sarankan saat pertama kali membuat email, diusahakan untuk email utama ini menggunakan nama asli kalian seperti yang sudah pernah saya bahas dipostingan sebelumnya. disamping itu,email yang menggunakan nama asli akan lebih memperkuat kepercayaan HRD kepada si pelamar dan akhirnya akan memperbesar peluang kalian untuk lebih mudah diterima kerja.

Bagi kalian yang belum memiliki email sama sekali, ataupun kalian yang sudah memiliki email tetapi belum memenuhi kriteria sebagai email profesional, silahkan baca postingan cara membuat akun gmail dibawah ini:
Tutorial Daftar Akun Email di Gmail.com - Tips Memperkuat Keamanan Akun Google

Kelebihan Akun Gmail Dibandingkan Account Email Yang Lain - Google Product



2. Menulis Subject dan Judul Email yang Tepat

Hal pertama yang akan dilihat oleh HRD di inbox mereka ialah judul atau subject email. Ketika mengirim lamaran via email, pastikan kalian menulis judul email sesuai dengan perihal email kalian dikirim, banyak para pelamar kerja diluaran sana yang tidak terlalu memperdulikan hal ini, sehingga HRD pun akan mengabaikan email tersebut karena maksud dan tujuan nya tidak jelas, gunakan judul yang ringkas dan jelas. Format Judul untuk mengirim surat lamaran lewat email secara umum biasanya :

Melamar Pekerjaan [jabatan yang dilamar] - Nama sipelamar 

Contoh : Melamar Pekerjaan [Customer Service] - Fikri Wildan Nugraha

Diinfo lowongan kerja yang kalian dapatkan, biasanya selalu disertakan kode jabatan yang hendak kalian lamar untuk dicantumkan dijudul email yang hendak kalian kirim (misalnya : RCV, ADM, CS, SM) kalian tinggal ikuti saja, karena ini untuk mempermudah HRD dalam menyortir surat lamaran berdasarkan jabatan yang dilamar.

Dengan menggunakan judul subjek yang tepat ringkas dan jelas, tentu akan memperbesar peluang kalian untuk mudah diterima kerja di perusahaan.



3. Kata-kata Body Email Singkat Padat dan Jelas

Untuk mengirim lamaran lewat email, saya sarankan kalian menulis kata-kata body email ini sesuai dengan format standar surat lamaran kaidah EYD (lihat contoh gambar diatas), kebanyakan para pelamar diluar sana tidak mengisi kata kata apapun di body email ini hanya lampiran saja, hal itu merupakan kesalahan fatal karena body email justru ini yang menjadi inti point email lamaran kalian.

Jika kalian belum mengetahui bagaimana cara membuat kata-kata surat lamaran sesuai standar kaidah EYD yang baik dan benar, kalian bisa baca postingan saya sebelumnya pembahasan lengkap dari pengantar, kalimat pembuka isi surat, sampai kalimat penutup surat.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD yang Baik dan Benar

Dan bagi kalian yang memerlukan kumpulan contoh surat lamaran kerja, baik itu yang ditulis tangan dikertas folio ataupun yang diketik dengan komputer, kalian bisa membaca postingan saya yang ini :
Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Kertas Polio dan Ketik Komputer



4. Lampiran Scan Format File PDF Doc Berukuran Kecil

Untuk attachment atau lampiran sangat disarankan kalian tidak mengirim file pdf ataupun doc lebih dari 2MB saat mengirim surat lamaran kerja via email ke sebuah perusahaan, karena perusahaan biasanya memiliki Spam Filter yang akan menolak email masuk yang memiliki lampiran lebih besar dari 2MB, jadi jangan heran saat kalian mengirim CV lamaran ke sebuah perusahaan, dan memiliki lampiran file pdf doc lebih besar dari 2MB, kalian akan mendapat balasan balik dari system bahwa email kalian gagal dikirim karena full, email ditolak ataupun pemberitahuan lain nya.

Diinfo loker yang kalian dapatkan biasanya dicantumkan berkas apa saja yang harus dikirim sebagai persyaratan melamar pekerjaan melalui email, misalnya scan KTP, scan Riwayat Hidup, scan SKCK, scan ijazah ataupun lainnya, kalian tinggal ikuti saja persyaratan yang diminta tidak perlu mengirimkan file yang lain(piagam penghargaan misalnya), untuk proses scan ini kalian bisa menggunakan jasa fotokopi yang memiliki mesin scanner untuk scanning semua berkas file yang menjadi persyaratan, tenang saja ukuran setiap file dari hasil scan mesin scanner biasanya tidak lebih dari 60kb dengan format jpg, jadi kalian bisa kirim surat lamaran kalian tanpa gagal dan ditolak oleh system, apabila perusahaan meminta file pdf ataupun doc kalian bisa convert terlebih dahulu file jpg dari hasil scan tadi menjadi file pdf ataupun doc. jika kalian tidak mengetahui bagaimana cara merubah file scan menjadi doc ataupun pdf silahkan simak judul selanjutnya dibawah.

Perusahaan sekarang biasanya hanya meminta mengirim CV saja via email karena ukurannya kecil, dan saat proses interview tiba, baru perusahaan akan meminta semua kelengkapan fisik berkas berikut KTP, SKCK, Riwayat Hidup, ijazah dan lainnya, disinilah fungsinya CV yang membedakan dengan surat riwayat hidup.

Jika kalian masih bingung mengenai perbedaan antara CV dan surat riwayat, ataupun kalian yang memerlukan contoh CV menarik supaya mudah diterima kerja diperusahaan silahkan kalian baca postingan saya yang ini :
Perbedaan Surat Riwayat Hidup dan Curriculum Vitae - Contoh CV Menarik



5. Tutorial Membuat PDF : Cara Merubah File Lampiran Scan JPG menjadi Doc PDF

Untuk tutorial cara membuat file lampiran pdf sebenarnya mudah saja, saya asumsikan kalian sudah scan semua file berkas persyaratan melamar pekerjaan kalian berformat jpg hasil scan dari mesin scanner ataupun dari hasil jepret foto HP manual. apabila kalian menggunakan kamera foto manual menggunakan HP android, diusahakan untuk mem foto nya serapih mungkin. Setelah semuanya siap silahkan kalian buka terlebih dahulu software Microsoft Word di laptop kalian, dalam kasus ini saya menggunakan Microsoft Word 2016

Cara Mengirim Lamaran CV Lewat Email Mudah Diterima Kerja contoh kata-kata menulis surat melamar pekerjaan online melalui hp android Komputer laptop via gmail yang baik dan benar perusahaan subject judul mengisi body ukuran kecil besar format file pdf doc lampiran gagal ditolak HRD

Masukan semua file jpg beserta kata-kata surat lamaran di doc microsoft word, saya sarankan per halaman supaya lebih rapi, setelah semuanya selesai lalu klik "file" dipojok kiri atas.

Cara Mengirim Lamaran CV Lewat Email Mudah Diterima Kerja contoh kata-kata menulis surat melamar pekerjaan online melalui hp android Komputer laptop via gmail yang baik dan benar perusahaan subject judul mengisi body ukuran kecil besar format file pdf doc lampiran gagal ditolak HRD

Klik "export" seperti gambar diatas - "Create PDF/XPS Document" - "lalu klik Create PDF"

Cara Mengirim Lamaran CV Lewat Email Mudah Diterima Kerja contoh kata-kata menulis surat melamar pekerjaan online melalui hp android Komputer laptop via gmail yang baik dan benar perusahaan subject judul mengisi body ukuran kecil besar format file pdf doc lampiran gagal ditolak HRD

Setelah itu Jendela Pop-up akan terbuka, silahkan untuk melakukan settingan seperti gambar diatas, jangan lupa untuk mencontreng "Minimum Size" (lingkaran merah). untuk meminize ukuran pdf kalian supaya memiliki ukuran yang kecil.

Selamat file PDF kalian sudah jadi, dan siap dikirim untuk melamar pekerjaan melalui e-mail.;)



Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengirim lamaran kerja via gmail, mudah-mudahan kalian yang sedang mencari kerja cepat diterima kerja, dan mendapat panggilan interview. bagi kalian yang baru mendapat panggilan interview bisa membaca postingan saya yang ini :
Cara Mudah Lolos Tes Interview Lengkap - Pertanyaan Jawaban Wawancara Kerja

Tidak bisa buat CV?, langsung saja buat akun di web cvlid.com (formerly buatcvonline.com) , WebApps resume maker system hasil coding bikinan saya untuk memudahkan para pencari kerja dalam membuat CV zaman now, file bisa langsung didownload dalam format PDF ukuran kecil lengkap dengan barcode gratis. semua data kalian juga akan tersimpan aman di cloud didalam server cvlid.com, tunggu apa lagi kunjungi Buat CV Online

Kalian yang belum mengenal website jobstreet.com situs khusus untuk melamar kerja online, dan jika kalian hendak membuat akun disana silahkan baca postingan saya yang ini :
Tutorial Daftar dan Melamar kerja Online di Jobstreet.com



Akhir kata Keep Reading and Stay Loyal.

Comment :