Apa Itu Website ( Perbedaan Website Dinamis dan Statis )

Selamat malam pembaca setia lama tidak menulis , pertama-tama karena ini masih suasana lebaran saya beserta keluarga ingin mengucapkan minal Aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin barangkali penulis memiliki salah dalam bertutur kata selama menulis coretan di website pribadi saya ini.

Well lama tidak menulis content bukan berarti saya mengacuhkan website saya ini, sebulan terakhir kemarin dengan bekal ilmu yang telah saya pelajari, saya fokus untuk membuat template web design saya sendiri murni menggunakan HTML5 , CSS3 , dan sedikit javascript. dan inilah hasilnya dari mini project saya,CEPAT ,SIMPLE dan FUTURISTIC kalian bisa cek kecepatan website ini di Google PageSpeed Insight ringan seperti kapas bukan (mulai sombong ni orang).

Disamping kecepatan ,saya juga melakukan beberapa optimasi SEO untuk website saya ini supaya halaman saya bisa muncul dihalaman depan setiap SERP pencarian Google,apa itu SEO? well sebelum jauh bahas mengenai SEO,SERP, belajar HTML ,cara membuat website ataupun cara meningkatkan kecepatan website. saya akan mulai dari nol dulu yakni pengertian dan penjelasan lengkap mengenai apa itu website.

penjelasan lengkap mengenai website dan perbedaan antara website dinamis dan website statis beserta cara membuat website
source: whitedyn.com


Apa Itu Website ?

Website atau situs web ialah kumpulan halaman yang disimpan secara cloud (hosting) yang didalamnya terdapat informasi baik itu berupa gambar, tulisan, video, animasi, suara, ataupun gabungan semuanya. sehingga membentuk sebuah rangkaian halaman yang saling berhubungan. dan dapat diakses dengan alamat tertentu (domain).

Memiliki website merupakan sebuah kebutuhan penting,terutama bagi perusahaan perusahaan besar ataupun kecil tentu akan terlihat lebih profesional apabila memiliki website sendiri.zaman sekarang bahkan orang pribadipun sudah memiliki website sendiri seperti website fikriwildannugraha.com ini.disamping kalian bisa menyampaikan setiap informasi kepada masyarakat banyak kalian juga bisa menghasilkan uang dari sebuah website.banyak orang diluaran sana yang menggantungkan pemasukannya melalui sebuah website apalagi website yang sudah memiliki trafic yang sangat tinggi.bisa meraup untung jutaan rupiah perbulannya.

Well tentu kalian semua pembaca setia pasti mau bukan,kerjaanya hanya duduk didepan layar komputer,menulis content yang berkualitas tau-tau rekening kalian sudah terkumpul pundi-pundi uang dari google. tetapi kenyataanya tentu tidak semudah itu, masih banyak tahapan yang harus kalian lalui apabila ingin menekuni di bidang ini, seperti memahami cara membuat isi content yang bermanfaat, tips meningkatkan trafic blog, dan design web yang nyaman untuk pembaca kalian. Disamping itu, website pribadi diharuskan content kalian juga bisa bermanfaat sesuai dengan kemampuan dan passion kalian seperti yang saya bahas di Tips Sebelum Membuat Blog Baru , karena apabila kalian membuat konten asal asalan tentu akan menjerumuskan para pembaca kalian, dan tentu itu tidak bermanfaat.

kita kembali ke laptop, website sendiri terdiri dari dua jenis yakni web statis dan web dinamis

perbedaan website static dan website dinamis
Source: nzservers.com


Lalu Apa Perbedaan Antara Website Statis dan Website Dinamis ?

1. Website Dengan Halaman Statis

website statis ialah sebuah kumpulan halaman yang struktur halamannya tidak berubah karena bertujuan untuk memberikan informasi yang isi kontennya tetap, structure pembuatannya juga hanya menggunakan beberapa simple file .HTML biasa saja yang di upload ke hosting tanpa perlu menggunakan teknologi Backend seperti PHP dan database. untuk mengedit isi kontennya harus membongkar file HTML tersebut satu-satu,dan apabila hendak membuat halaman yang baru harus membuat file HTML yang baru juga berikut dengan structurenya.

Contohnya website dengan halaman profil perusahaan,halaman Contact Us dan halaman sejarah perusahaan saja.

2. Website Dengan Halaman Dinamis

Website dinamis ialah kumpulan halaman yang sturcture halaman kontennya dapat berubah mengikuti ID halaman yang hendak dimuat. karena hanya memerlukan single HTML saja sebagai layout dan container (wadah) , sementara isi kontennya dinamis mengikuti ID page halaman yang disimpan didalam database. dengan cara pembuatan yang lebih komplex. karena disamping membuat layout design Front End yang indah, juga harus memikirkan untuk membuat system backend yang aman dan terstructure dengan membuat halaman admin yang berfungsi untuk Delete,Update,ataupun Edit isi Konten ke databbase.

Contohnya Website berita, Blogger , Website toko Online, Website Media Social Dll

kebanyakan sekarang sudah menggunakan teknologi website dinamis,ditambah lagi dengan Munculnya CMS(Content Management System) pembuatan website dinamis jadi semakin lebih mudah tanpa perlu memikirkan backend lagi.

well sekarang kalian sudah memiliki pencerahan mengenai apa itu website pembaca setia,mudah mudahan bisa bermanfaat, apabila kalian hendak mengutip tulisan saya ini mohon untuk memasukan Backlink website saya,untuk jasa design website silahkan hubungi saya di halaman homepage instagram , facebook atau linkedin saya.

postingan selanjutnya
Tutorial Cara Membuat Website Lengkap Menggunakan HTML dan Notepad, silahkan lanjut dibaca



Wassalam


Related Posts :





Buka Komentar

Subscribe to: Posts
Sitemap : Daftar Isi