Author Photo
Author Fikri Wildan Nugraha
Komentar Comment
Published
Updated

Selamat malam pembaca setia, tidak bosan bosannya saya membagikan setiap pengalaman dan ilmu saya di blog curahan hati sekaligus catatan hidup saya ini, seperti dipostingan sebelumnya buat kalian para pencari kerja Motivasi Untuk Para Pencari Kerja Meningkatkan Kualitas Diri, Stay Up-To-Date, Perbanyak Skill.

Well, topik baru dipostingan kali ini saya membuat sebuah keputusan yang sangat besar, setelah melalui beberapa rapat dan musyawarah mufakat akhirnya saya memutuskan untuk memindah haluan blog saya ini dari blog niche menjadi blog gado-gado. Nah mungkin kalian pembaca setia berpikir apa itu blog niche? lantas apa perbedaan blog niche dengan blog gado gado? apa kelebihan dan kekurangan dari blogger gado-gado? apa pengaruhnya blogspot niche terhadap google adsense? kalian yang baru dalam dunia blogger, dan berencana ingin membuat sebuah blogspot wajib baca artikel tips sebelum membuat blog baru ini, saya akan coba jabarkan semuanya.

DAFTAR ISI :



Blog Niche dan Blogger Gado - Tips Sebelum Membuat Blogspot Baru apa itu artikel membahas satu topik perbedaan kelebihan kekurangan pengaruh disukai google adsense postingan pertama pencarian banyak trafik berkualitas penghasilan uang menentukan tema
My Photoshop Art Blog Niche VS Blog Mix Topic

Blog Niche

Apa itu blog niche? apakah artinya blogger miliknya si niche? well blog niche ialah blog yang fokus pada satu topik, artinya blogger tersebut hanya membahas satu topik saja di setiap artikelnya. misalnya hanya membahas anime saja, musik saja, film saja,hanya tutorial saja, atau topik lainnya.

Dari pihak google nya sendiri menyarankan ketika pertama kali membuat blogspot hanya membahas satu topik saja yang sesuai dengan minat dan kemampuan kalian, jadi lebih profesional dan merinci. Blog niche juga sangat disukai oleh google, tidak tanggung tanggung artikel kalian akan selalu tampil paling depan dilaman pertama pencarian google sehingga bisa mendatangkan banyak trafik ke blogspot kalian pembaca setia.

Lalu apa alasannya, jika kalian seorang ahli perbengkelan, tetapi kalian memaksakan untuk membahas sebuah topik artikel yang membahas hanya alat-alat bayi (dengan alasan masih jarang orang yang membahas topik tersebut) tentu kalian akan membuat setiap postingan kalian asal-asalan karena tidak sesuai dengan minat, bidang dan keahlian kalian, sehingga ujung ujungnya copy paste dari postingan orang lain, google tidak menyukai hal demikian, tidak hanya google para pembaca pintar pun tidak akan menyukai pada artikel seperti itu, misalnya minat dan bidang kalian di perbengkelan tetapi kalian membuat blog yang membahas seputar agama, kan itu berbahaya bisa saja kalian memberikan ilmu yang salah.

Jadi kuncinya sebelum buat blogspot pelajari diri kalian terlebih dahulu, apa yang kalian suka, dimana minat kalian, condong kemana passion kalian. setelah itu dengan niat kuat ingin membagikan kelebihan dan ilmu yang kalian punya, baru lah kalian membuat sebuah blog di blogger.com. Kalau kalian lulusan automotif, kalian juga punya bengkel, dan sudah tidak asing dengan permesinan, buat lah sebuah blog yang membahas mengenai automotif begitu simpelnya, maka blog kalian akan sangat bermanfaat untuk orang lain, jika sudah begitu kalian juga bisa dapet penghasilan uang dari sebuah blog lho pembaca setia.

Kelebihan Blog Niche :
- Setiap postingan artikel yang kalian buat tentu akan terlihat lebih profesional dan berkualitas karena memang sesuai dengan bidang dan keahlian kalian, para pembaca pintar pun bisa menilai mana yang disampaikan oleh ahlinya mana yang memang copy paste saja, sehingga para pembaca akan tetap setia karena sudah percaya dengan blog kalian.

- Blog niche sangat bagus terhadap SERP (Apa itu SERP? kita bahas nanti), artinya disamping pembaca yang sudah percaya setiap postingan artikel kalian, google juga akan lebih percaya terhadap blog kalian, jika misalnya ada orang yang ngetik keyword di google "perbedaan karburator dan PGMFI motor" tentu dengan senang hati google akan menempatkan blog niche ke halaman paling atas, sehingga blog kalian akan selalu ramai akan trafik.

- Blog Niche mendapat penghasilan uang lebih banyak, di internet ada yang namanya google adsense (Apa itu Google Adsense? well kita bahas nanti), itu artinya google menempatkan iklan di blog kalian sehingga setiap ada orang yang membaca dan tertarik dengan iklan lalu meng klik iklan tersebut kalian akan mendapat penghasilan uang dari Google, jika blog kalian membahas automotif tentu iklan yang akan muncul di blog kalian juga akan relavan dengan tema yang diusung misalnya iklan jual motor,iklan mobil dll. jika blog kalian membahas seputar agama, tetapi iklan yang muncul kursus motor (kan tidak nyambung) tentu para pembaca pun akan mengabaikan iklan itu.

- Blog niche mudah diterima dan di approve oleh google adsense sehingga bisa mendapatkan penghasilan di blog.


Kekurangan Blog Niche :
- Trafik mungkin tidak akan se banyak blog gado-gado yang campur sari dari mana-mana, karena para pembaca yang datang ke blog kalian merupakan pembaca yang relavan artinya hanya pembaca yang menyukai ilmu automotif saja misalnya.

- Sedikit agak susah untuk membuat artikel baru karena semua artikel hanya berfokus pada satu tema, well untuk yang satu ini optional tergantung orang, jika orangnya pemalas tentu akan susah untuk mendapatkan sebuah ide untuk postimgan baru. jika memang tema nya sesuai dengan passion kalian tentu itu bukan merupakan sebuah halangan, kalian bisa membahas apa saja dari sebuah kata Automotif.

Riset membuktikan bahwa hampir 75% blog luar negri itu blog niche.



Blog Gado-Gado

Blog gado gado artinya kalian membahas semua topik di blog kalian, misalnya membahas ketenaga kerjaan dan surat lamaran, eh kalian membahas internet dan SEO juga (aduh tersinggung saya). Blog akan terkesan tidak profesional kecuali memang orang itu bisa menguasai keduanya dengan rinci, yang artinya tidak asal nulis. Well riset membuktikan hampir 80% blog indonesia ialah blog gado-gado (haduh dimana konsistensi bangsa kita).

Kelebihan Blog Gado Gado
- Trafik lebih banyak karena pembaca juga dari berbagai kalangan tempat dan daerah, yang hitam, yang putih, yang jangkung, yang pendek, yang suka ini,yang suka itu bercampur menjadi satu.

- Kalian tidak akan pernah kehabisan ide untuk membuat artikel karena kalian bisa membahas apa saja sesuka kalian (tetapi tetap saja untuk kualitas tergantung penilaian para pembaca).


Kekurangan Blog Gado-Gado :
- Blog Gado-gado agak susah dalam SERP, karena blog kalian membahas banyak tema artinya tidak fokus dalam satu topik, akan sedikit susah untuk blog kalian muncul di halaman pertama google pencarian, misalnya blog kalian membahas teknologi, SEO dan Automotif , tentu postingan teknologi kalian akan agak sulit untuk bersaing dan naik ke halaman pertama, karena google pasti akan lebih memprioritaskan artikel blog niche yang berfokus tema teknologi terlebih dahulu sebelum artikel kalian.



Well demikian yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian dan perbedaan blog niche dan blog gado-gado, juga tips sebelum membuat blogspot baru di blogger.com. jangan lupa bagikan dengan social media sharing diatas.siapa tahu artikel ini bisa bermanfaat untuk mereka yang hendak membuat blog baru.

Untuk Memperlengkap ilmu kalian dalam dunia online dan website kalian bisa membaca postingan saya yang satu ini : Apa Itu Website - Perbedaan Website Dinamis dan Statis

Atau kalian yang berencana belajar HTML salah satu bahasa pemograman untuk membuat sebuah website. sudah saya sediakan zona kursus gratis diwebsite saya ini : Belajar HTML Dasar Pemula Menggunakan Notepad


Postingan Selanjutnya : Cara Membuat Email Gmail - Tips Memperkuat Keamanan Akun Google


Wasallam

Comment :