Author Photo
Author Fikri Wildan Nugraha
Komentar Comment
Published
Updated

Inilah yang saya janjikan di postingan sebelumnya Contoh Surat Melamar Kerja Tulis Tangan di Kertas Folio Dan Ketik Komputer, yakni pelajaran membuat surat lamaran sesuai dengan standar kaidah EYD yang baik dan benar atau PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia), Untuk anak-anak SMA kelas 3 atau XII wajib masuk kesini kalau gak salah anak sekolah khususnya kelas 3 SMA sedang mempelajari pelajaran cara membuat surat lamaran sesuai standar kaidah EYD/PUEBI ini. Berikut saya berikan penjelasan lengkap dari kepala surat sampai kaki surat.

DAFTAR ISI :



Kita ambil contoh saja disini :
Membuat Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD yang Baik dan Benar contoh pelajaran cara buat melamar pekerjaan mudah diterima perusahaan penjelasan format menulis standar hal lampiran tampat tanggal kapital alamat tujuan salam kalimat pembuka isi biodata penutup
Saya edit di photoshop, silahkan disimak penjelasannya di bawah.

Berikut Penjelasannya :

1. Hal dan Lampiran Surat

Untuk Hal ialah singkatan dari perihal atau permasalahan atau tujuan kenapa surat itu dikirim. penempatanya selalu di pojok kiri atas, untuk penulisan hal kalian tulis sajalah Melamar Pekerjaan
hal biasanya di ikuti dengan lampiran dibawahnya atau bisa ditulis :

Hal               : Melamar Pekerjaan
Lampiran     : 7 Lembar

- Sesuai dengan standar PUEBI atau EYD yang baik dan benar, Hal dan lampiran menggunakan huruf awal kapital begitupun dengan isinya.



2. Tempat dan Tanggal Surat

Penempatan Tempat dan Tanggal Surat dipojok kanan atas, usahakan untuk menulis nama tempat harus sesuai dengan kaidah EYD yang baik dan benar juga berikut contohnya :

Bandung, 20 April 2017

- Selalu menggunakan koma setelah tempat.
- Bulan menggunakan huruf kapital begitupun dengan tempat.



3. Alamat Tujuan Surat

Untuk alamat tujuan surat letaknya tepat di bawah HAL, kalian bisa melihat contohnya seperti gambar diatas, untuk penulisan Alamat Tujuan Surat sesuai standar Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar atau PUEBI, contohnya dibawah ini :

Yth.
Bapak/Ibu personalia PT Ace Hardware Indonesia, Tbk.
di tempat

- Untuk beberapa orang mungkin akan menggunakan kata "Kepada" sebelum kata Yth. tapi menurut guru saya dulu sih itu merupakan penghamburan kata jadi Yth. saja cukup.
- Menulis Bapak/Ibu menggunakan kapital.
- Menulis kata PT tanpa menggunakan titik oke.
- Nama perusahaan semua ditulis dengan awal kapital.
- Tulis "di tempat" apabila kalian memang tidak mengetahui alamat perusahaan tersebut, tetapi akan lebih bagus lagi kalau kalian menulis lengkap dengan alamat perusahaanya.



4. Salam Pembuka dan Kalimat Pembuka Surat

Menulis Salam pembuka dan kalimat pembuka surat yang baik dan benar sesuai standar PUEBI, contoh berikut dibawah :

Dengan hormat,
             Berdasarkan informasi yang saya dapat dari koran Priangan tanggal terbit 17 Agustus 2017, bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan posisi Visual Marchendiser (VM). Dengan ini saya mengajukan diri diposisi tersebut, adapun data saya sebagai berikut,

- "Dengan hormat" di awali dengan huruf kapital diikuti dengan tanda koma.
- kata "berdasarkan" dialinea baru masih huruf kecil ya karena diikuti tanda koma di paragraf sebelumnya, tetapi kebanyakan orang-orang menggunakan huruf kapital karena alinea baru.
- Selalu sertakan dengan jelas darimana kalian dapat informasi lowongan tersebut. misalnya kalau internet sebutin websitenya apa, kalau dari koran sebutin korannya apa dan terbit tanggal berapa, kalau dari teman tulis saja.
- Selalu sertakan dengan jelas posisi yang kalian lamar "bahwa perusahaan sedang membutuhkan karyawan sebagai Visual Marchendiser" soalnya perusahaan lebih menyukai kepada para pelamar yang lebih spesifik, artinya sang pelamar tahu kemampuan dan pengalaman dia sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.
- Sertakan kode posisi yang dilamar apabila ada (misalanya : ADM, CS, SM dll.), untuk memudahkan para HRD menyortir lamaran kalian.
- Jangan lupa nama objek, tempat, nama orang selalu diawali dengan huruf kapital.
- Setelah kalimat pembuka biasanya di teruskan dengan informasi data diri, usahakan selalu memakai tanda koma bukan titik di akhir.



5. Isi Surat Dan Biodata

Yang satu ini ialah Isi surat dan informasi biodata kalian, harap diisi dengan sebenar-benarnya, format penulisan biodata didalam surat lamaran kerja yang baik dan benar berikut contohnya :

nama                            :    Fikri Wildan Nugraha
tempat, tanggal lahir  :    Tasikmalaya, 20 April 1995
agama                          :    Islam
pendidikan terakhir    :    Sarjana Informasi dan Telekomunikasi, Binus Bandung
alamat                          :    Jl Soekarno Hatta no 333 Bandung
email                            :    fikriwildannugraha@gmail.com
nomer handphone      :    085710280401

- Dahulukan informasi data diri di list yang paling atas (seperti nama, usia, agama, pendidikan) baru kelompok informasi data yang dapat dihubungi di list paling bawah.
- Kebanyakan orang-orang menggunakan huruf kapital di kata "nama, tempat tanggal lahir, agama, dst." karena dialinea kalimat pembuka sebelumnya menggunakan tanda koma jadi kita menggunakan huruf kecil saja ya.
- Nama orang, nama tempat, nama bulan, nama universitas tulis dengan huruf kapital.
- Penulisan tanggal lahir disesuaikan, contoh misalnya "tempat(koma)tanggal lahir" maka isinya juga harus disesuaikan memakai koma dan sesuai urutan. jika memakai garis miring contoh misalnya "tempat/tanggal lahir" maka isinya juga jadi "Tasikmalaya/20 April 1995".



6. Kalimat Penutup Surat

Untuk yang ke enam ini kalimat setelah biodata diri, yakni Kalimat Penutup Surat, penulisan sesuai standar PUEBI atau Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia berikut contoh dan penjelasannya :

Dengan bekal pengalaman yang pernah saya tekuni, saya yakin dapat mengerjakan tugas diposisi yang saya lamar. Besar harapan saya untuk dapat bergabung diperusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

- Karena alinea baru maka kata "Demikian" menggunakan huruf kapital.
- Kalian bisa merombak lagi kata-kata diatas menjadi lebih kreatif atau kalian juga bisa menyisipkan sebuah kalimat yang menceritakan tentang diri dan motivasi kalian sebelum alinea terakhir ini. buatlah semenarik mungkin tetapi ingat jangan bertele-tele, ringkas tetapi kena di hati ;).
- Jangan pernah menggunakan kata "nya" (contoh : perhatiannya), kata : perhatian Bapak/Ibu lebih sopan.



7. Salam Penutup Surat

Salam Penutup diletakan setelah kata akhiran atau kalimat penutup surat, berikut contoh penulisan salam penutup surat sesuai EYD yang baik dan benar :

Hormat saya,


Fikri Wildan Nugraha

- Karena tadi kita menggunakan kalimat pembuka "Dengan hormat," maka akhirnya jadi "Hormat saya," tetapi apabila tadi kalian menggunakan kalimat "Asalamualaikum w.w" maka akhirnya juga jadi "Wasalamualaikum w.w".
- Selalu gunakan tanda koma di akhir.



8. List Lampiran Surat

Untuk yang kedelapan ini kalian letakan dipaling bawah untuk memudahkan HRD perusahaan melihat data apa saja yang dilampirkan di balik surat lamaran kalian:

Bersama ini saya lampirkan :
1. Copy KTP
2. Copy SIM C
3. Riwayat Hidup
4. Copy Ijazah Terakhir
5. Foto 4x6 berwarna terbaru
6. Copy SKCK
7. Copy Sertifikat



Dan selamat kalian telah berhasil membuat surat lamaran kerja,

Penulis tidak lebih hanyalah seorang manusia biasa, mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan ataupun kesalahan dalam penyampaian , motivasi penulis dalam membuat postingan ini hanya untuk berbagi ilmu bagi yang membutuhkan.

Berikut postingan saya mengenai pelajaran membuat surat lamaran kerja sesuai EYD yang baik dan benar atau PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia), terimakasih sudah berkunjung ke website ini, sering-sering lah berkunjung, beritahu kepada mereka bahwa fikriwildannugraha.com akan selalu siap membagikan pengalaman dan ilmunya seputar karir, pengalaman kerja, kepada pembaca. Postingan selanjutnya yakni Tips Mempercantik Berkas Surat Lamaran Pekerjaan Kalian agar mudah diterima kerja dan cepat mendapat panggilan Interview.

Bingung bagaimana cara mengirimkan lamaran CV atau curriculum vitae kalian melalui email yang baik dan benar ke sebuah perusahaan, bisa membaca postingan saya yang ini :
Cara Mengirim Lamaran CV Lewat Email Mudah Diterima Kerja

Kalian yang sedang membutuhkan contoh CV menarik bisa membaca postingan saya yang ini :
Apa Itu CV beserta Contoh CV Menarik Perhatian Perusahan

Bikin CV lamaran kerja PDF untuk email?, buat saja akun di cvlid.com (formerly buatcvonline.com), platform cv maker canggih bikinan saya untuk memudahkan pencari kerja membuat CV barcode modern zaman now, file format PDF cocok sebagai lampiran email, langsung saja disini Bikin CV Online

Apabila kalian sudah jago dalam proses membuat dan melengkapi surat lamaran, saatnya masuk ke tahapan selanjutnya yakni proses menyebarkan, kemana kalian harus melamar dan menyebarkan surat lamaran kalian, dimana mencari informasi lowongan kerja terpercaya :
Tips Mencari Sumber Informasi Lowongan Kerja Terpercaya

Update daftar gaji terbaru 2020 seluruh Indonesia :
Daftar UMR UMK UMP Tahun 2020 Seluruh Indonesia



Sampai Jumpa

Comment :